Sabtu, 18 April 2009

MASALAH KANTOR

Terlepas dari sikap dan sifat bos, ada satu hal penting yang kita semua harus sadari, yaitu: keberadaan dan fungsi kita di kantor adalah untuk memecahkan masalah. Kalau tak ada masalah, untuk apa kita berada di kantor. Masalah adalah ‘makanan’ kita sehari-hari, karena masalah akan timbul setiap saat yang sering kali justru tak terduga datangnya. Makin dinamis dan berkembang suatu usaha, bisa dipastikan akan muncul masalah-masalah ‘baru’.
Masalah bukan monopoli suatu bidang usaha, tetapi juga mencakup semua sektor usaha. yang sedang berkembang dan dinamis. Salah satu sasaran pokok dari setiap sektor usaha untuk mampu bersaing dan keluar menjadi pemenang adalah cost leadership, biaya proses bisnis yang efektif dan efisien. Dengan adanya sasaran itu, pasti timbul masalah-masalah akibat munculnya tantangan-tantangan baru.
Persoalannya, apakah orang-orang yang terlibat di dalamnya; (1) mampu mengidentifikasikan masalah, (2) mampu mengembangkan berbagai alternative pemecahannya, dan (3) mampu memilih dan menetapkan alternatif pemecahan masalah paling efektif dan efisien?.
Yang sering terjadi, para bawahan datang pada atasannya dan hanya melaporkan ada masalah! Inilah yang memusingkan dan membuat jengkel atasan. Seharusnya, ketika datang pada atasan; (1) jelaskan masalah yang timbul, (2) alternatif pemecahan yang dipikirkannya, dan (3) usulkan solusi yang terbaik menurutnya. Jadi datang pada bos dengan suatu pemecahan masalah. Mengapa harus datang pada bos? Karena bos adalah penanggung jawab akhir, karenanya bos harus dilibatkan. Paling tidak, diinformasikan tentang perkembangan yang telah terjadi. Bisa jadi solusi yang diajukan hanya terbatas pada ruang lingkup pikiran kita. Akan lebih ‘kaya’ bila pemikiran kita dipadu dengan Belajarlah memecahkan masalah sendiri, dan datanglah dengan pemecahan masalah dan bukan pemikiran bos. ‘Two heads is better than one!”.
“datang untuk melaporkan terjadinya masalah
DALAM berkarier, semua orang mendambakan posisi yang baik, gaji besar, bos yang pengertian, rekan kerja yang menyenangkan, dan sebagainya. Namun, kenyataannya, sering kali kita dihadapkan pada hal-hal tidak berkenan, meskipun semua kerja keras sudah dilakukan. Kepandaian Anda dalam bekerja, ternyata bukanlah satu-satunya jaminan bahwa Anda akan menjadi orang yang diperhitungkan dan berhasil dalam karier. Begitu pun dengan rekan kerja, yang bisa menjadi sahabat, malah kadang menjadi musuh dalam selimut. Untuk itu diperlukan trik jitu menghadapi masalah tersebut.
pemecahan masalah dunia kerja. Permasalahan sehari-hari yang dialami dalam dunia kerja, yaitu permasalahan dengan pimpinan, permasalahan dengan rekan kerja, serta seputar permasalahan pribadi, yang dialami dalam dunia kerja. Lengkap dengan trik-trik jitu guna menghadapi berbagai masalah yang paling sering ditemukan di dunia kerja, seperti jurus menghadapi bos yang galak, trik minta naik gaji, diperlakukan tidak adil oleh pimpinan, senioritas di tempat kerja, menghadapi rekan kerja yang menyebalkan, jenuh di pekerjaan, ataupun karier mandek.
Dilengkapi juga dengan kuis karier yang menarik, tips, dan ide-ide praktis yang mudah diaplikasikan, sehingga memberi manfaat nyata bagi kemajuan karier, personalitas, dan relationship, dalam aspek kehidupan yang lebih luas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar